Sejarah
J.CO Donuts adalah restoran dan waralaba yang mengkhususkan
dalam donat, yogurt beku dan kopi. Perusahaan didirikan dan dimiliki oleh Johnny
Andrean Group. J.CO Donuts & Coffee didirikan tahun 2005. J. CO Donuts &
Coffee yang dimiliki dan dikelola oleh Johnny Andrean Group. J. CO Donuts &
Coffee ini terinspirasi dari donat di Amerika Serikat. Johnny Andrean pada
awalnya berkeinginan membeli franchise donat AS, namun ia menemukan beberapa
kelemahan produk, yaitu pada bahan dasar dan proses produksi yang kurang dalam
hal kontrol kualitas, sehingga ia mengurungkan niatnya. Johnny memutuskan untuk
mengembangkan donat sendiri tanpa mendapatkan donat waralaba AS. Ia memilih
untuk menghasilkan bentuk dan rasa donat yang sempurna, dengan fokus khusus
pada kualitas bahan dasar dan proses produksi.
Ketika ia kembali ke Indonesia, ia kemudian
mengembangkan sebuah toko donat dengan konsep, bentuk dan rasa yang serupa
dengan toko donat di Amerika Serikat. Johnny melihat sejauh ini tidak ada toko
donat di Indonesia memiliki konsep dapur terbuka, sehingga ia mulai di J.CO.
Jadi, selain memiliki rasa yang berbeda, konsep toko juga dibuat sebagai dapur
terbuka sehingga konsumen dapat melihat berbagai atraksi pembuatan donat,
langsung dari mencampur bahan sampai dengan siap untuk dijual donat tersebut.
Visi
dan Misi
Burung Merak pada logo J.CO
Donuts & Coffee merupakan representasi visi dan misi perusahaan.
Visi:
·
Membentuk J.CO
Donuts & Coffee sebagai International Premium Donuts and Coffee Brand
terkemuka
·
Menjadi trend-setting
lifestyle dalam donuts and coffee brand
·
Menjadi
perusahaan yang tepat bagi orang-orang yang tepat dalam meraih cita-cita
mereka.
Misi:
·
Menyediakan kualitas premium donat dan kopi
·
Mendorong karyawan dalam meraih cita-cita
·
Menempatkan pelanggan sebagai prioritas
·
Berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dengan
sungguh-sungguh
·
Menyediakan tempat yang sempurna untuk bersantai
·
Memperlakukan setiap orang dengan hormat dan
bermartabat
Segmentasi
Pasar
Market segmentation, according to Smith, involved
analyzing the demand side of the market to obtain a rich understanding of where
people are coming from and “the wants” they bring to the marketplace.
Pasar apapun bentuknya akan terdiri dari banyak
pelanggan yang berpencar dan beraneka ragam dalam tuntutan pembeliannya. Oleh
karena itu tidak ada satupun produsen yang dapat melayani atau memenuhi semua
tuntutan pelanggan. Produsen harus mengarahkan program pemasarannya hanya pada
pelanggan yang memang menjadi bidikan sasaran pemasarannya, untuk itu produsen
harus melakukan segmentasi pasar bagi produknya. Segmentasi pasar adalah proses
pemilahan atau pembagian pasar ke dalam beberapa kelompok pelanggan (sub-market)
yang memiliki karakteristik sama dalam kebutuhan dan sikap, dan diharapkan akan
memberikan respon yang sama terhadap penawaran yang disampaikan. Dengan
melakukan segmentasi pasar produsen akan lebih tepat dalam mengarahkan program
pemasarannya secara lebih efektif.
Pemikiran mengenai segmentasi pasar dapat dikatakan
sebagai jawaban terhadap model pemasaran yang berlangsung sebelumnya yang tidak
lagi mampu menjawab dinamika perkembangan kebutuhan tuntutan pelanggan yang
semakin beragam. Pada dasarnya pemikiran mengenai segmentasi pasar merupakan sebuah
evolusi dari model pemasaran yang pernah berlaku, di antaranya adalah : mass
marketing, product differentiated marketing, dan target marketing.
Segmentasi pasar dilakukan dengan mengidentifikasi dan
memfokuskan pada sekelompok besar pembeli yang menunjukkan kesamaan dalam hal
tertentu. Pada umumnya untuk pasar barang konsumsi segmentasinya didasarkan
pada variabel-variabel utama yang berkaitan dengan aspek geografi, demografi,
psikografi dan perilaku pasar sasaran (target market).
Berikut segmentasi pasar J.CO Donuts &
Coffee:
1. Segmentasi Geografis
Wilayah pemasaran
J.CO Donuts & Coffee saat ini tak hanya di Indonesia, akan tetapi juga
meluas ke negara lain seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Australia. Ke depannya J.CO Donuts & Coffee akan go
international untuk memperluas pasar. J.CO Donuts & Coffee cenderung
menyasar wilayah urban.
2.
Segmentasi Demografis
Umur : 18 – 45 tahun
Jenis kelamin :
Laki-laki dan perempuan
SES : A,B
3. Segmentasi Psikografis
Segmentasi ini
didasarkan pada penggolongan kelas sosial, gaya hidup, atau ciri kepribadian
lainnya. J.CO Donuts & Coffee menyasar kelas sosial menengah hingga
menengah ke atas dengan gaya hidup modern, menggemari aktivitas sosial serupa hanging
out di kafe, serta menggemari makanan dan minuman dengan brand premium.
4. Segmentasi Perilaku
Segmentasi ini
didasarkan pada tingkat pengetahuan, sikap penggunaan atau tanggapannya
terhadap suatu produk. Segmentasi ini dapat dibedakan atas dasar: kesempatan
penggunaan, manfaat yang dicari, status pemakai, dan tingkat pemakaian.
J.CO
Donuts & Coffee tidak mengenal kesempatan penggunaan. Sedangkan dari sisi
manfaat yang dicari, ia dapat menjadi lambang status dan instrumen pemenuhan
cita rasa masyarakat. Selain itu, J.CO Donuts & Coffee menyasar konsumen
potensial dan konsumen tetap brand pesaing untuk memperluas pasar serta
tidak mengenal tingkat pemakaian.
Cabang-cabang J.Co Donuts
Di Indonesia dan
beberapa negara di Asia, di antaranya:
Indonesia
·
SuperMal Lippo Karawaci
·
Cilandak Town Square
·
Bintaro Plaza
·
Cihampelas Walk
·
Paris Van Java Mall
·
Festival City Link
·
Mangga Dua Square
·
Kelapa Gading Mall
·
Mall Artha Gading
·
Senayan City
·
Plaza Semanggi
·
Mall Taman Anggrek
·
Central Park
·
Chandra Superstore Tanjung Karang, Bandar Lampung
·
Ciputra
|
·
Discovery Mall Kuta
·
Puri Indah Mall
·
PX Pavilion
·
Sun Plaza
·
Summarecon Mall Serpong
·
Harbourbay Mall
·
Nagoya Hill
·
Kepri Mall
·
Mega Mall
·
Grage Mall 2 Cirebon(soon)
|
Malaysia
·
Pavilion Bukit Bintang,
Kuala Lumpur
·
Sunway Pyramid, Kuala
Lumpur
·
Damansara, Kuala Lumpur
·
Queensbay, Penang
·
City Square, Johor Bahru
·
Aeon, Melaka
·
IOI, Kuala Lumpur
·
Aeon Cheras Selatan,
Kuala Lumpur
Singapore
·
Raffles City
·
Bugis Junction
·
Tampines One
·
Junction 10
Filipina
·
Trinoma
·
Mega Mall Asia
China
·
SML Mall Puxi Shanghai
·
Yu Fashion Mall Puxi
Shanghai
PRODUK J.CO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar